Mengapa Banyak Orang yang Terjun ke Bisnis Online?

Bisnis online memang menggiurkan. Hal ini terbukti dengan bertambahnya jumlah pebisnis online dari waktu ke waktu. Apakah hal ini dapat dibenarkan? Jelas, jawabannya iya. Sebagai contoh, jika Anda pengguna media sosial seperti Facebook, tentu Anda bisa melihat di wall Anda ada banyak sekali teman Anda yang menawarkan berbagai produk, entah itu baju, smartphone, aksesoris gadget, peralatan elektronik, dan lain sebagainya.

mengapa

Btw, tahukah Anda mengapa banyak orang yang terjun ke bisnis online? Jika tidak tahu jawabannya, temukan jawabannya di bawah ini:

Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online memang jauh lebih kecil dibandingkan bisnis offline. Jika bisnis offline membutuhkan tempat yang digunakan sebagai toko, bisnis online bisa dilakukan di rumah dan tidak harus mengeluarkan biaya sewa dan biaya listrik. Pemiliki bisnis online hanya perlu menyiapkan dana untuk membeli produk. Dana yang dikeluarkan pun bisa dibatasi dengan menyesuaikan pesanan konsumen saja. Misalnya, ada 3 konsumen yang membeli produk, Anda tinggal membeli 3 produk dan menjualkannya kembali kepada konsumen. Jika konsumen berada di luar kota, Anda bisa meminta mereka untuk membayar ongkos kirim sehingga pengeluaran Anda tetap terjaga.

bisnis online a

Calon pembeli lebih banyak

Jika Anda berjualan offline, Anda tentunya tahu bahwa calon konsumen Anda hanya datang dari masyarakat di kota Anda. Jika pun ada calon konsumen yang datang dari luar, jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Sebaliknya, jika Anda menjalankan bisnis online, calon pembeli Anda lebih banyak. Hal ini terjadi karena Anda bisa memasarkan produk Anda secara global dengan adanya bantuan media sosial, email, aplikasi chatting, dan website. Sebagai contoh, jika Anda memiliki teman di akun Facebook Anda lebih dari 1.000 orang yang berasal dari berbagai kota, setiap kali Anda memposting gambar produk beserta deskripsinya, besar kemungkinan produk tersebut akan dilihat oleh ratusan orang di akun jejaring sosial Anda. Intinya adalah semakin banyak teman/follower, maka semakin banyak calon pembeli Anda.

Biaya promosi dan pemasaran produk rendah

Mempromosikan dan memasarkan produk adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik bisnis agar produk mereka diketahui oleh orang banyak. Bagi pemilik bisnis offline, kebanyakan dari mereka mempromosikan dan memasarkan produk melalui media cetak atau pun elektronik (khususnya radio). Biaya untuk melakukan semua ini tidaklah sedikit karena setiap kali promosi produk diterbitkan, maka akan ada sejumlah dana yang harus dikeluarkan. Jika hasilnya positif, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Namun, jika hasilnya negatif, itu artinya uang sudah terbuang sia-sia.

Di lain sisi, untuk bisnis online tidak seribet itu dalam mempromosikan dan memasarkan produk karena pemilik bisnis online hanya perlu mengupload foto dan kemudian memberikan deskripsi produk. Promosi dan pemasaran ini bisa dilakukan melalui email, sosial media, dan juga aplikasi chatting. Semua media yang digunakan gratis dan calon pembeli pun bisa tahu mengenai produk yang ditawarkan. Di samping itu, saat ini juga tersedia situs jual beli online di Indonesia yang dapat membantu para penjual memasarkan dan mempromosikan produk dengan cepat. Semuanya gratis karena hanya perlu membuat akun saja.

Itulah mengapa ada banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis online sampai detik ini. Berkat kemudahan dan hematnya biaya yang dikeluarkan, menjalankan bisnis sendiri bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *