Tips Berinvestasi Reksa Dana

Reksa danaInvestasi reksa dana tergolong sebagai salah satu investasi yang cukup mudah dilakukan sekaligus menguntungkan. Bagaimana tidak, investasi tersebut bisa dimulai dengan modal 100 ribu rupiah dan bisa diikuti siapa saja mulai dari kalangan pelajar, karyawan swasta, pegawai, sampai entrepreneur. Potensi keuntungannya pun cukup menjanjikan karena modal yang ditanam akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman. Bahkan, naik turunnya nilai investasi juga dapat dipantau melalui internet. Jika biasanya penghasilan yang Anda dapat dalam setiap bulannya hanya di simpan di dalam kantong, akan lebih baik bila diinvestasikan karena dapat dijadikan sebagai persiapan di masa depan, entah itu untuk mengatasi hal-hal yang terjadi secara tidak terduga ataupun persediaan di mana tua. Tertarik untuk menekuni investasi ini? jika iya, tips di bawah ini bisa Anda gunakan untuk dapat berinvestasi dengan tepat:

Pilih perusahaan yang terdaftar di OJK

Melihat banyak orang berminat menekuni investasi ini, maka timbullah pula beberapa perusahaan yang menawarkan jasanya. Oleh sebab itu, penting memilih perusahaan reksa dana yang resmi yakni sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian, hal ini dapat memberi kenyamanan dalam menanamkan modal. Bayangkan jika perusahaan yang dipilih ternyata tidak terdaftar di OJK, dapat dipastikan Anda bakal mengalami kerugian karena bisa jadi perusahaan yang dipilih adalah gadungan. Anda bisa menemukan perusahaan yang resmi salah satunya dengan mengunjungi situs bapepam. Ingat, menemukan perusahaan yang tepat menjadi langkah awal dalam berinvestasi dengan tepat. Untuk itu pastikan Anda tidak salah pilih perusahaan agar manfaat investasi bisa Anda rasakan dengan maksimal.

Tentukan jenis reksa dana yang tepat

Ada empat jenis investasi reksa dana yang bisa dipilih yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Silakan Anda simak uraian berikut untuk memilih jenis reksa dana yang tepat dan sesuai keinginan:

  • Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang potensi kerugiannya paling kecil, sedangkan media pasar yang digunakanan seperti halnya deposito yang mana tingkat keuntungannya hanya sekitar 7% per tahun. Jenis investasi ini cocok dipilih bila ingin berinvestasi kurang lebih 3 tahun.
  • Reksa dana pendapatan tetap yaitu investasi yang ditanamkan dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN) dan juga obligasi. Potensi keuntungannya sedikit lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang yakni sekitar 10% tapi dengan asumsi 3 sampai 5 tahun.
  • Reksa dana campuran merupakan investasi yang tingkat keuntungannya lebih tinggi dari kedua jenis reksa dana di atas yaitu mencapai 20% per tahun dengan taksiran investasi 10 tahun. Dalam reksa dana campuran, modal yang ditanam diinvestasikan ke dalam bentuk saham dan obligasi sehingga tidak mengherankan bila investasi ini dikatakan sangat cocok ditekuni bagi mereka yang ingin berinvestasi saham tapi masih ragu karena melihat pergerakan nilai saham yang tidak stabil.
  • Reksa dana saham yakni produk investasi reksa dana yang memiliki potensi keuntungan paling tinggi di antara jenis reksa dana lainnya, yaitu mencapai lebih dari 20% tapi dengan asumsi lebih dari 10 tahun. Jika Anda ingin memperoleh keuntungan yang besar dari investasi reksa dana, jenis investasi ini patut untuk dipilih. Namun demikian, resiko kerugiannya pun relatif besar tapi masih aman dibandingkan berinvestasi saham secara langsung. Dalam investasi ini, uang Anda akan dijadikan dalam bentuk saham dengan jumlah yang banyak (lebih dari satu saham) sehingga inilah yang dinamakan keuntungan masih bisa diraih meski perusahaan yang sahamnya dibeli mengalami kebangkrutan, karena bukan tidak mungkin perusahaan lain yang dibeli sahamnya mengalami peningkatan yang bagus.

Pertimbangkan mempertahankan investasi jangka panjang

Ketika Anda sudah memilih perusahaan yang tepat dan menentukan jenis asuransi yang dipilih, maka pertimbangkan untuk mempertahankan investasi dalam jangka panjang. Sebab, dengan berinvestasi jangka panjang, tingkat keuntungan yang diperoleh juga akan lebih besar. Semakin lama Anda berinvestasi maka akan semakin tinggi pula angka keuntungan yang bakal diperoleh. Maka dari itu, akan lebih baik bila pertahankan investasi Anda dalam jangka panjang.

Investasi reksa dana memang patut dipertimbangkan karena selain menguntungkan juga relatif aman. By the way, silakan Anda buat anggaran berapa modal yang akan Anda investasikan untuk nantinya dicairkan. Selamat berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *